Langsung ke konten utama

Cara Mudah Atasi Tubuh Lelah dan Masuk Angin

Mandi Sehat
Gb. Mandi Aroma

Sleman (Mediarakyat.co.id) - Seseorang memiliki rutinitas atau kesibukan diri masing-masing yang sering tidak memberi kesempatan pada tubuh untuk beristirahat sejenak. Oleh karena itu tubuh menjadi mudah lelah, stres, dan masuk angin. Hal ini dapat menghambat produktivitas seseorang dalam bekerja. Untuk mengatasinya mandi aroma daun jeruk serta ramuan madu dan garam adalah solusiya.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti; tiga gayung air, tiga helai daun jeruk nipis dan satu sendok makan garam dapur. Kedua, panaskan air hingga mendidh. Ketiga, sambil menunggu air mendidih, siapkan ember dan masukan daun jeruk dan garam kedalamnya. Keempat, setelah air mendidih biarkan air tetap dipanaskan selama 2-3 menit agar udara yang ditimbulkan karena penguapan dapat keluar dengan sempurna. Sehingga, ketika digunakan untuk mandi, udara yang tersisa tidak ikut masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit yang terbuka akibat air hangat. Kelima, tuang air panas ke dalam ember yang telah disiapkan sebelumnya. Keenam, campurkan air biasa secukupnya hingga air panas menjadi hangat-hangat kuku. Air hangat aroma jeruk telah siap digunakan. 

Masuk Angin
Gb. Takaran Garam dan Daun Jeruk Nipis
Garam memiliki sifat netral. Jika dicampurkan ke dalam air hangat untuk mandi maka dapat membantu menetralkan tubuh yang lelah, melancarkan peredaran darah, melemaskan otot yang kaku, dan menghilangkan energi negatif yang terdapat dalam tubuh. Apabila ditambahkan daun jeruk nipis yang memiliki kandungan ekstrak aroma yang terdiri dari berbagai jenis minyak aroma esensial diantaranya citrus dan sitroneral serta senyawa aktif kompferol, quercetin, rosmarinik, flafonoit, luteolin, dan apigenin maka akan menghasilkan aroma terapi sehingga tubuh kembali segar. 

Mandi ini sangat disarankan bagi anda yang tidak betah gerah dan ingin cepat-cepat mandi walau sudah malam hari. Mandi ini dapat diaplikasikan agar mencegah asam urat atau angin duduk. Beberapa rekan olahraga sangat suka mandi ini.
Kemudian, untuk memaksimalkan hasil mandi aroma daun jeruk nipis ini, ramuan madu dan garam dapat diaplikasikan. Pertama, masak 100cc air hingga mendidih. Pastikan air benar-benar matang agar tidak menimbulkan anyang-anyangan. Kemudian, siapkan beberapa bahan yakni satu sendok teh madu murni dan seperempat sendok teh garam. Berikutnya, letakan bahan-bahan tersebut kedalam gelas berukuran sedang. Pastikan gelas dan sendok yang digunakan tidak berbahan plastik. Karena plastik tidak baik digunakan dalam keadaan panas. Setelah air mendidih, tuang air panas tersebut kedalam gelas yang telah diberi bahan-bahan tersebut. Aduk ramuan tersebut dan diamkan hingga ramuan terasa hangat. Terakhir, minum ramuan selagi hangat. 

Mandi dengan aroma daun jeruk ini sebaiknya dilakukan seusai melakukan aktivitas. Dengan mandi ini, badan yang semula lelah akan segar kembali. Terlebih, dengan ramuan hangat madu dan garam, kesegaran yang ditimbulakan akan semakin lengkap. Selain dapat menambah hangat, aroma yang dihasilkan dari ramuan mandi serta ramuan madu dan garam ini dapat menenangkan pikiran yang penat akibat beraktivitas sehari-hari. Selamat mencoba. (NMD)

Postingan populer dari blog ini

MENENGOK PENINGGALAN SEJARAH DI KARAWANG

Monumen Karawang Karawang merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Propinsi Jawa Barat, berbatasan dengan Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor. Kota ini dijuluki pula kota padi. Ada begitu banyak peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di kota Karawang.  Karawang yang berjuluk kota padi atau kini dijuluki kota pangkal perjuangan ini, memang memiliki beberapa objek wisata alam dan objek wisata sejarah. Mulai dari Curug Cijalu yang terletak di Selatan Karawang, samapi objek wisata sejarah yang berkaitan erat dengan Kemerdekaan Negara Indonesia, seperti peristiwa penculikan Soekarno Hatta ke Rengas Dengklok dan peristiwa pembantaian warga sipil di Rawa Gede, dan ada pula wisata candi peninggalan Kerajaan Tarumanegara di daerah Batujaya.  Monumen Rawa Gede Dimulia dari sejarah monumen Rawagede yang terletak di Kecamatan Rawamerta . Objek wisata Monumen Rawagede ini dibangun untuk memperingati peristiwa pembantaian warga sipil oleh tentara Belanda. Monumen ini d

PT BPR ( Bank Perkreditan Rakyat) DEWA ARTHAKA MULYA Menjadi Salah Satu Bank Perkreditan Rakyat Terbaik di Daerah Istimewa Yogyakarta

Direktur PT BPR DEWA ARTHAKA MULYA, Rahadiyan Dewanto. SH. MKn Saat Foto Bersama Karyawan Yogyakarta ( MediaRakyat.co.id )  - PT BPR DEWA ARTHAKA MULYA yang berdiri sejak tanggal 9 Februari 2009 beralamat di Jalan Palagan Tentara Pelajar Km. 8,5 Sariharjo, Ngaglik Sleman. BPR DEWA ARTHAKA MULYA yang diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan menjadi salah satu peserta LPS (Lembaga Penjaminan Simpanan) serta sebagai salah satu lembaga keuangan yang menunjang pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional ke arah peningkatan kesejahteraan masyarakat. Direktur PT BPR (Bank Perkreditan Rakyat) DEWA ARTHAKA MULYA, Rahadiyan Dewanto, SH., MKn saat diwawancarai MediaRakyat.co.id pada 12/02/2019 malam disela-sela acara Malam Perayaan Tahun Baru Imlek 2570 Perhimpunan Fuqing Yogyakarta di Gedung Asia Pasific Jl. Magelang menyampaikan ada beberapa nasabah BPR DEWA ARTHAKA MULYA yang ikut di acara ini kemudian kami di

Kreasi Pom-Pom

Yuk, Manfaatkan Pom-Pom Untuk Kreasi Rumah Anda ! Tahukah anda apakah itu pom-pom ? Sleman  ( Mediarakyat.co.id ) -  Pom-pom adalah kerajinan tangan yang berbentuk bulat, berbulu dan berbagai macam warna serta ukuran. Pom-pom dapat terbuat dari benang wol, kain dan kertas. Namun, kali ini akan dijelaskan beberapa kreasi pom-pom dari benang wol yang simple, menarik dan unik untuk menghiasi rumah Anda. 10 kreasi pom-pom untuk hiasan rumah anda antara lain : 1. Bisa jadi hiasan bunga pom-pom. Bunga dari Pom-pom Bunga pom-pom dapat dijadikan hiasan rumah anda dengan cara tambahkan daun, tangkai, dan pot. Pot bisa diisi dengan gabus untuk menancapkan tangkainya. Buatlah pom-pom dengan warna yang berbeda-beda untuk menambah estetika. 2. Gantungan Kunci Kece dan Unik Gantungan Pom-Pom Pom-pom sangat menarik untuk dijadikan gantungan kunci. Selain simple dan unik, gantungan kunci dari pom-pom juga enteng dan murah meriah. Buatlah sebuah pom-pom dengan