Langsung ke konten utama

USIA BUKAN PENGHALANG UNTUK TERUS BERKARYA

Mbah Soegito
Mbah Soegito 
Jogja (Mediarakyat.co.id) - Usia bukanlah penghalang untuk terus berkarya. Namanya Soegito, staff KBRI Canberra yang menjadi pengajar gamelan. Soegito bukanlah orang baru di KBRI Canberra. Sudah 30 tahun lebih Soegito bekerja di bagian kebudayaan KBRI Canberra. Seharusnya dia sudah pensiun, namun pihak Canberra masih membutuhkan tenaganya untuk mengajar gamelan. Dengan senang hati dan penuh dedikasi Soegito menerima tugas itu. 

Kala di tahun 1970-an, Soegito muda datang ke Australia untuk bekerja. Di beberapa waktu terbesit keinginan di hati Soegito untuk bermain gamelan, namun apa daya dia tidak memiliki patner untuk bermain. Akhirnya satu-satunya cara yakni dengan mengajarkan teman-temannya bermain gamelan jadi beliau memiliki kesempatan untuk ikut bermain. 

Gamelan
Mbah Soegita Mengajarkan Gamelan

Seiring berjalannya waktu nama Soegito didengar Dubes Indoneis untuk Australia. Sejak di Indonesia Soegito sudah malang melintang dari panggung ke panggung bermain gamelan. Bahkan dia pernah beberapa kali mengikuti muhibah seni di beberapa negara. 

Pada tahun 1983, Soegito diminta bergabung dengan kedutaan Indonesia untuk Australia, tugasnya satu yakni mempromosikan budaya Indonesia terutama gamelan. Tugas yang disampaikan langsung oleh Dubes kala itu tidak ditolak Soegito, lalu dia bergabung dengan kedutaan. Saat itu Soegito mengajar di Universitas New England pada tahun 1983. Sejak tahun 1983 itu Soegito aktif mengajarkan gamelan kepada warga Australia. Ia juga diminta untuk tampil saat ada acara kebudayaan di berbagai tempat di Australia. 
Seiring berjalannya waktu nama Soegito mulai dikenal di kalanga seniman di Australia. Hingga akhirnya Ia diminta untuk mengajar di berbagai Universitas di Australia. Setidaknya ada 8 Universitas yang meminta Soegito untuk mengajar gamelan, antar lain Melbourne University, Monash University, Adelaide University, dan beberapa Universitas lainnya. Hari-harinya dihabiskan untuk mengajar gamelan. 

Bermain Gamelan
Mbah Soegito Mengajarkan Gamelan

Soegito berasal dari Pedan, Klaten, Jawa Tengah. Sejak kecil beliau mengaku tidak pernah belajar gamelan di Institusi resmi. Bermain gamelan sendiri sudah ditekuninya sejak usia 13 tahun. Ayah dari Soegito dulunya seorang lurah yang mengenalkan Soegto kecil dengan gamelan. 

Puluhan tahun mengajar gamelan untuk warga Australia. Soegito mengaku sangat menikmati pekerjaanya. Dia senang ketika para muridnya belajar gamelan dengan sepenuh hati. Menurut Soegito sendiri mengajarkan warga Australia itu menyenangkan, selain karena mereka belajar sepenuh hati, mereka juga disiplin dan bersungguh-sungguh. Namun tetap ada kekurangan dari warga Australia yang dirasakan olehnya yakni mereka sangat sulit mendapatkan feeling. Padahal bermain gamelan juga harus melibatkan rasa, bukan hanya bermain notasi dan memukul alat musik.

Hingga kini, Soegito masih aktif mengajar gamelan, meski tidak sebanyak dahulu. Ia pun sudah mengganggap beberpa muridnya seperti anak dan cucunya sendiri. Menurut beliau usia bukan jadi penghalang untuk kita terus bekarya. Jadi selama diminta untuk terus mengajarkan gamelan Soegito akan menyanggupinya. Benedikta R. Gae Ps (Mahasiswa PBSI UNY)

Postingan populer dari blog ini

MENENGOK PENINGGALAN SEJARAH DI KARAWANG

Monumen Karawang Karawang merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Propinsi Jawa Barat, berbatasan dengan Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor. Kota ini dijuluki pula kota padi. Ada begitu banyak peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di kota Karawang.  Karawang yang berjuluk kota padi atau kini dijuluki kota pangkal perjuangan ini, memang memiliki beberapa objek wisata alam dan objek wisata sejarah. Mulai dari Curug Cijalu yang terletak di Selatan Karawang, samapi objek wisata sejarah yang berkaitan erat dengan Kemerdekaan Negara Indonesia, seperti peristiwa penculikan Soekarno Hatta ke Rengas Dengklok dan peristiwa pembantaian warga sipil di Rawa Gede, dan ada pula wisata candi peninggalan Kerajaan Tarumanegara di daerah Batujaya.  Monumen Rawa Gede Dimulia dari sejarah monumen Rawagede yang terletak di Kecamatan Rawamerta . Objek wisata Monumen Rawagede ini dibangun untuk memperingati peristiwa pembantaian warga sipil oleh tentara Belanda. Monumen ini d

PT BPR ( Bank Perkreditan Rakyat) DEWA ARTHAKA MULYA Menjadi Salah Satu Bank Perkreditan Rakyat Terbaik di Daerah Istimewa Yogyakarta

Direktur PT BPR DEWA ARTHAKA MULYA, Rahadiyan Dewanto. SH. MKn Saat Foto Bersama Karyawan Yogyakarta ( MediaRakyat.co.id )  - PT BPR DEWA ARTHAKA MULYA yang berdiri sejak tanggal 9 Februari 2009 beralamat di Jalan Palagan Tentara Pelajar Km. 8,5 Sariharjo, Ngaglik Sleman. BPR DEWA ARTHAKA MULYA yang diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan menjadi salah satu peserta LPS (Lembaga Penjaminan Simpanan) serta sebagai salah satu lembaga keuangan yang menunjang pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional ke arah peningkatan kesejahteraan masyarakat. Direktur PT BPR (Bank Perkreditan Rakyat) DEWA ARTHAKA MULYA, Rahadiyan Dewanto, SH., MKn saat diwawancarai MediaRakyat.co.id pada 12/02/2019 malam disela-sela acara Malam Perayaan Tahun Baru Imlek 2570 Perhimpunan Fuqing Yogyakarta di Gedung Asia Pasific Jl. Magelang menyampaikan ada beberapa nasabah BPR DEWA ARTHAKA MULYA yang ikut di acara ini kemudian kami di

Kreasi Pom-Pom

Yuk, Manfaatkan Pom-Pom Untuk Kreasi Rumah Anda ! Tahukah anda apakah itu pom-pom ? Sleman  ( Mediarakyat.co.id ) -  Pom-pom adalah kerajinan tangan yang berbentuk bulat, berbulu dan berbagai macam warna serta ukuran. Pom-pom dapat terbuat dari benang wol, kain dan kertas. Namun, kali ini akan dijelaskan beberapa kreasi pom-pom dari benang wol yang simple, menarik dan unik untuk menghiasi rumah Anda. 10 kreasi pom-pom untuk hiasan rumah anda antara lain : 1. Bisa jadi hiasan bunga pom-pom. Bunga dari Pom-pom Bunga pom-pom dapat dijadikan hiasan rumah anda dengan cara tambahkan daun, tangkai, dan pot. Pot bisa diisi dengan gabus untuk menancapkan tangkainya. Buatlah pom-pom dengan warna yang berbeda-beda untuk menambah estetika. 2. Gantungan Kunci Kece dan Unik Gantungan Pom-Pom Pom-pom sangat menarik untuk dijadikan gantungan kunci. Selain simple dan unik, gantungan kunci dari pom-pom juga enteng dan murah meriah. Buatlah sebuah pom-pom dengan