Langsung ke konten utama

 STAIYO Terima Kunjungan Dari Kemenag  Pusat Jakarta

Dyah Mintasih,SPdI,MPd. (kiri) Suharto,SAg.MM. (kanan)

Gunungkidul (Media Rakyat.Co.id)                                                  

Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAIYO) belum lama ini menerima kunjungan dari  dari Kementerian Agama Pusat Jakarta Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dalam rangka Monitoring dan Evaluasi PDDIKTI data STAIYO. Dalam acara kunjungan kerja ini dihadiri oleh Dr. Zulfakhri Sopyan Pono, M.Ed dan Aris Irawan, SE, yang didampingi KOPERTAIS Wilayah III D.I.Yogyakarta Dr. H. Khamim Zarkasi Putro, M.Si., Muhammad Ridwan dan Andi Irawan. Penyambutan dan penerimaan  kunjungan kerja ini diterima langsung oleh Dyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd selaku Ketua STAIYO yang didampingi Pembantu Ketua II, Pembantu Ketua III, Kaprodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Kaprodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI), Kaprodi Ahwal Syakhsiyyah (AS) / Hukum Keluarga Islam (HKI), Kaprodi Ekonomi Syariah (ES) dan beberapa Tenaga kependidikan.

Diyah Mintasih dalam  sambutannya selain mengucapkan syukur alhamdulillahi robbil 'alamiin dan selamat datang atas kedatangan para rombongan  di kampus STAIYO Wonosari baik dari  Kementerian Agama Pusat Jakarta dan Kopertais Wilayah III D.I.Yogyakarta. Juga, seraya memperkenalkan diri sebagai Ketua STAIYO yang tiga bulan lalu diangkat dan dilantik Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) D.I.Yogyakarta berdasarkan Keputusan PWNU DIY No. : 539/AB/A.3-01/01/2021 yang ditandatangani oleh Prof. Dr. Nizar Ali, MA dan H. Muchtar Salim, menggantikan Ketua STAIYO Drs. H. Mardiyo, M.Si yang purna tugas.

Selain itu, disampaikan juga bahwa STAIYO baru saja menjalani proses Assesmen Lapangan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dari BAN-PT pada tanggal 14-15 April 2021 yang bertepatan 2-3 Ramadhan 1442 H. Alhamdulillah pasca liburan HR Idul Fitri atau seminggu yang lalu, hasil akreditasi BAN-PT telah keluar dengan predikat “Akreditasi Baik” berdasarkan SK BAN-PT No. : 437/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2021 tertanggal 18 Mei 2021. Kemudian kami sekarang sedang mempersiapkan Assesmen Lapangan Akreditasi Prodi Ekonomi Syariah (ES) dan Akreditasi Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI). Mohon selalu do’a dan support demi kebaikan, kemajuan, keunggulan, prestasi dan kejayaan STAIYO sebagai Kampus Islam dan Modern di Indonesia.

Khamim Zarkasi Putro selaku Sekretaris Kopertais Wilayah III D.I.Yogyakarta yang memimpin kunjungan kerja dari Kementerian Agama Pusat Jakarta, menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan sebagaimana pemberitahuan sebelumnya bahwa kegiatan ini dalam rangka Monitoring dan Evaluasi PDDIKTI data STAIYO. PDDIKTI adalah Pangkalan Data Pendidikan Tinggi yang merupakan sistem yang menghimpun data pendidikan tinggi dari seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional yang merupakan kumpulan fakta mengenai penyelenggaraan pendidikan tinggi yang dimanfaatkan untuk pembangunan pendidikan tinggi. Data tersebut berisi Informasi, Entitas, Data Pokok, Data Referensi, Data Transaksional Pendidikan Tinggi, mengatur tentang Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan Peserta Didik. Dijelaskan pula agenda kunjungan kerja di Kopertais Wilayah III D.I. Yogyakarta, selain di STAIYO Wonosari adalah di Kampus STAI Terpadu, STPI Bina Insan Mulia dan STEI Yogyakarta.

Zulfakhri Sopyan Pono dari Kementerian Agama Pusat menyampaikan syukur bisa melakukan kunjungan kerja di Kampus STAIYO Wonosari dan beberapa kampus di bawah Kopertais Wilayah III D.I. Yogyakarta. Sebagaimana penjelasan dari Kopertais tadi bahwa agenda kali ini adalah terkait PDDIKTI. PDDIKTI ini sangat banyak manfaatnya untuk menghimpun data pendidikan tinggi mulai data Informasi, Entitas, Data Pokok, Data Referensi, Data Transaksional Pendidikan Tinggi, mengatur tentang Dosen (Pendidik), Karyawan (Tenaga Kependidikan) dan Mahasiswa (Peserta Didik). Demi akurasi dan keabsahan data secara legal, planning tahun 2021 Ijazah kelulusan sudah menggunakan Nomor Induk Nasional yang menggunakan kode barcode sebagai tanda keabsahan Ijazah yang diakui secara nasional dan legal. Oleh karenanya dimohon semua data yang ada di STAIYO Wonosari, baik data Dosen maupun data mahasiswa harus diinput ke PDDIKTI agar data bisa dicek dan dibaca oleh publik atau masyarakat umum.

Selanjutnya Aris Irawan dari Kementerian Agama Pusat dengan dibantu Pembantu Ketua II Suharto, S.Ag., MM, menayangkan kondisi data PDDIKTI di STAIYO dengan Proyektor. Disini dijelaskan dan ditunjukkan secara teknis input data dan manfaat bagi Lembaga Pendidikan Tinggi di seluruh Indonesia, termasuk bagi STAIYO. Dijelaskan agar STAIYO segera melengkapi data yang masih kosong dan harus diisi. Seperti input visi misi perguruan tinggi dan masing-masing Program Studi, Profil diri dan foto Dosen, serta data-data lainnya.

Muhammad Ridwan selaku Kasubbag Bina PTAIS di Kopertais Wilayah III D.I. Yogyakarta, menambahkan dengan meminta dan mengharapkan agar operator dari STAIYO dapat melakukan input data secara kontinyu dan melakukan progres perkembangan setiap minggu sekali. Hal ini demi kepentingan, kebaikan, kemajuan dan keunggulan STAIYO sebagai bagian kampus Pendidikan Tinggi di Indonesia khususnya di D.I.Yogyakarta yang mengembankan misi pendidikan dalam mempersiapkan kader-kader generasi masa depan bangsa.

Istarsidah, MSI sebagai operator dari STAIYO menyatakan bangga dan menyambut baik dengan petunjuk dan kunjungan kerja Kementerian Agama Pusat ini. Momen ini langsung dimanfaatkan untuk konsultasi hal-hal teknis kesulitan yang dihadapi dalam proses input data PDDIKTI data STAIYO. Serta mohon dibantu demi kesempurnaan data dan mohon maaf bila selama ini sering mengganggu lewat telp/WA dalam rangka input data STAIYO. Candaan dan pengakuan Istarsidah, yang telah lama ini kenal meski baru lewat HP.

Agenda kunjungan kerja selesai dan acara ditutup oleh Khamim Zarkasi. Ditegaskan kembali demi kesempurnaan, agar STAIYO selalu melakukan input dan update data PDDIKTI dalam setiap minggunya. Karena program ini demi memperbaiki lembaga pendidikan tinggi nasional di seluruh tanah air.


Postingan populer dari blog ini

MENENGOK PENINGGALAN SEJARAH DI KARAWANG

Monumen Karawang Karawang merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Propinsi Jawa Barat, berbatasan dengan Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor. Kota ini dijuluki pula kota padi. Ada begitu banyak peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di kota Karawang.  Karawang yang berjuluk kota padi atau kini dijuluki kota pangkal perjuangan ini, memang memiliki beberapa objek wisata alam dan objek wisata sejarah. Mulai dari Curug Cijalu yang terletak di Selatan Karawang, samapi objek wisata sejarah yang berkaitan erat dengan Kemerdekaan Negara Indonesia, seperti peristiwa penculikan Soekarno Hatta ke Rengas Dengklok dan peristiwa pembantaian warga sipil di Rawa Gede, dan ada pula wisata candi peninggalan Kerajaan Tarumanegara di daerah Batujaya.  Monumen Rawa Gede Dimulia dari sejarah monumen Rawagede yang terletak di Kecamatan Rawamerta . Objek wisata Monumen Rawagede ini dibangun untuk memperingati peristiwa pembantaian warga sipil oleh tentara Belanda. Monumen ini d

Diduga Oknum Notaris dan Advokad Yogya Terlibat Pemalsuan Keterangan Waris

Pengejaran Kasus Direktur  Bonbin  KMT Antonius Tirto Diprojo  Yogya ( Mediarakyat.co.id ) -  Permohonan Pra Peradilan tidak diterima Hakim tunggal Pengadilan Negeri Sleman, FX Heru Susanto S.H., M.H. (Kamis 14/12). Meski demikian Ny Ayem alias Sie Biok Ngiok (71 th) warga Jln. Kyai Mojo No. 43 kec. Tegalrejo Kota Yogyakarta, tetap tegar, tidak putus asa, dan besemangat mencari kebenaran serta keadilan hukum kepada pihak yang berwajib.  Bahkan kini pihaknya mendesak kepada penyidik Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk melanjut kasus terlapor KMT Antonius Tirto Diprojo alias Antonius Joko Tirtono, Direktur Kebon Binatang (Bonbin) Gembira Loka Yogyakarta yang telah dilaporkan tanggal 27 Oktober 2017 nomor: Lp/58/X/2017 DIY/SPKT. Baca Juga: Perusahaan Bangkrut Masih Dihukum 10 Bulan Dalam laporan itu, KMT Antonius Tirto Diprojo alias Antonius Joko Tirtono, tanggal 24 Juli 2017 sekitar pukul 11.00 WB di kantor Polda DIY, telah diduga melakukan suatu perbua

PT BPR ( Bank Perkreditan Rakyat) DEWA ARTHAKA MULYA Menjadi Salah Satu Bank Perkreditan Rakyat Terbaik di Daerah Istimewa Yogyakarta

Direktur PT BPR DEWA ARTHAKA MULYA, Rahadiyan Dewanto. SH. MKn Saat Foto Bersama Karyawan Yogyakarta ( MediaRakyat.co.id )  - PT BPR DEWA ARTHAKA MULYA yang berdiri sejak tanggal 9 Februari 2009 beralamat di Jalan Palagan Tentara Pelajar Km. 8,5 Sariharjo, Ngaglik Sleman. BPR DEWA ARTHAKA MULYA yang diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan menjadi salah satu peserta LPS (Lembaga Penjaminan Simpanan) serta sebagai salah satu lembaga keuangan yang menunjang pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional ke arah peningkatan kesejahteraan masyarakat. Direktur PT BPR (Bank Perkreditan Rakyat) DEWA ARTHAKA MULYA, Rahadiyan Dewanto, SH., MKn saat diwawancarai MediaRakyat.co.id pada 12/02/2019 malam disela-sela acara Malam Perayaan Tahun Baru Imlek 2570 Perhimpunan Fuqing Yogyakarta di Gedung Asia Pasific Jl. Magelang menyampaikan ada beberapa nasabah BPR DEWA ARTHAKA MULYA yang ikut di acara ini kemudian kami di