Langsung ke konten utama

 *UGM dan JBI Education Consulting Edukasi Ekonomi Sirkular 2023*

Junita Widiati Arfani, Phd. menyerahkan Award kepada salah satu peserta: Novianto,SPd.


Yogyakarta (Media Rakyat.Co.id). Centre For World Trade Studies ( CWTS) Universitas Gajah Mada ( UGM)   bekerja sama dengan JBI Education Consulting dan  Pusat Inovasi Agro teknologi, ( PIAT)   UGM. Pada tgl. 18 sampe 21 Januari 2023 menyelenggarakan Circular School Progam Partnership Indonesia,  Green Principal Award Batch 3, sebuah program di seminasi mengenai Ekonomi Sirkuler dalam dunia pendidikan,  yang memberikan penguatan kapasitas mengenai upaya penyelamatan lingkungan. Sekaligus peningkatan Ekonomi,  dan  memberikan penghargaan kepada sejumlah sekolah di tingkat,  SD, SMP, maupun SMA di Indonesia. 

Selama ini sudah ada 33, sekolah yang terlibat dalam CSPP- IGPA,  melalui penyelenggara Batch I dan Batch 2. Progam yang telah memasuki Batch 3.

Ini mendukung upaya para Kepala Sekolah dan Kepala Madrasah untuk menjadi agent of change dalam mengenalkan Nilai nilai Ekonomi sirkular. 

Dan menjadi pemicu inisiator sekaligus eksekutor  konsep Ekonom keberlanjutan yang hijau dilingkungan sekolah selama beberapa hari kedepan, 

Di 23 sekolah dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat,  dan DKI Jakarta.. Akan menerima pelatihan mengenai Waste Management system,  water system managemen dan business development, circular Ekonomi Action plan serta pendampingan oleh pihak penyelenggara untuk  menjadikan rencana aksi Ekonomi Serkular. 

Para Kepala Sekolah dan Kepala Madrasah  menjadi kenyataan. Melalui Program ini Ekonomi sekolah di ajak untuk bergeser dari budaya ekonomi linier.

Buat pakai buat.  Hasil dari pola industrialisasi yang menghasilkan produk serba cepat dan praktis,  telah mendorong peningkatan jumlah sampah dan eksploitasi, sumber daya alam Riza Noer Arfani Direktur CWTS UGM.  Sekaligus Ketua UGM_ World Trade Organization ( WTO ) Charis Programme (WCP )  

Beberapa lulusan dari program ini telah membuktikan pentingnya penerapan Ekonomi Sirkular di sekolah masing masing. 

Seperti yang telah di lakukan di SD Muhammadiyah. Alternatif  ( MUTUAL )  Kota Magelang yang memanfaatkan Air Hujan,  untuk kebutuhan warga sekolah,  berupa Air  Minum.  Air Hujan pun di olah menjadi produk lain, seperti minuman buah dan Hand Sanitizer,  ada juga SD Muhammadiyah Progam Khusus,  Kota Barat Surakarta yang memberikan edukasi kepada warga sekolah,  untuk mengubah cara berpikir dan perilaku terhadap sampah. 

Sekolah tersebut melakukan pendataan dan pengumpulan sampah yang di lanjutkan dengan mengolah sampah plastik dan kertas,  bahkan melakukan perjanjian pengumpulan sampah kertas dengan para orang tua murid,  untuk di kumpulkan di sekolah. 

Di akhir pendampingan CSPP para Kepala dan Kepala Madrasah peserta akan di undang dalam,  CWTS 

Circular  Week 2023, yang di selenggarakan oleh CWTS,  UGM.  Bersama dengan WTO di mana para Kepala Sekolah dan Kepala Madrasah akan di beri kesempatan untuk mempresentasikan progres progam sekolah sirkular yang di jalankan. (Ali Mochtar)

Postingan populer dari blog ini

MENENGOK PENINGGALAN SEJARAH DI KARAWANG

Monumen Karawang Karawang merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Propinsi Jawa Barat, berbatasan dengan Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor. Kota ini dijuluki pula kota padi. Ada begitu banyak peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di kota Karawang.  Karawang yang berjuluk kota padi atau kini dijuluki kota pangkal perjuangan ini, memang memiliki beberapa objek wisata alam dan objek wisata sejarah. Mulai dari Curug Cijalu yang terletak di Selatan Karawang, samapi objek wisata sejarah yang berkaitan erat dengan Kemerdekaan Negara Indonesia, seperti peristiwa penculikan Soekarno Hatta ke Rengas Dengklok dan peristiwa pembantaian warga sipil di Rawa Gede, dan ada pula wisata candi peninggalan Kerajaan Tarumanegara di daerah Batujaya.  Monumen Rawa Gede Dimulia dari sejarah monumen Rawagede yang terletak di Kecamatan Rawamerta . Objek wisata Monumen Rawagede ini dibangun untuk memperingati peristiwa pembantaian warga sipil oleh tentara Belanda. Monumen ini d

Kreasi Pom-Pom

Yuk, Manfaatkan Pom-Pom Untuk Kreasi Rumah Anda ! Tahukah anda apakah itu pom-pom ? Sleman  ( Mediarakyat.co.id ) -  Pom-pom adalah kerajinan tangan yang berbentuk bulat, berbulu dan berbagai macam warna serta ukuran. Pom-pom dapat terbuat dari benang wol, kain dan kertas. Namun, kali ini akan dijelaskan beberapa kreasi pom-pom dari benang wol yang simple, menarik dan unik untuk menghiasi rumah Anda. 10 kreasi pom-pom untuk hiasan rumah anda antara lain : 1. Bisa jadi hiasan bunga pom-pom. Bunga dari Pom-pom Bunga pom-pom dapat dijadikan hiasan rumah anda dengan cara tambahkan daun, tangkai, dan pot. Pot bisa diisi dengan gabus untuk menancapkan tangkainya. Buatlah pom-pom dengan warna yang berbeda-beda untuk menambah estetika. 2. Gantungan Kunci Kece dan Unik Gantungan Pom-Pom Pom-pom sangat menarik untuk dijadikan gantungan kunci. Selain simple dan unik, gantungan kunci dari pom-pom juga enteng dan murah meriah. Buatlah sebuah pom-pom dengan

Basirudin, Lurah Banguntapan

Pembinaan & Pertemuan Kaum Rois se Kalurahan Banguntapan                            Bantul (Media Rakyat.Co.id).                               Bertempat di Balai Kalurahan, Basirudin, Lurah  Banguntapan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Provinsi DIY  mengadakan pembinaan dan pertemuan kaum rois se kalurahan Banguntapan pada Rabo, 12 Mei 2021 menjelang hari Raya Idul Fithri 1 Syawal 1442.  Dalam acara ini dihadiri lebih kurang 35 kaum rois se kalurahan setempat. Sebelum dimulai acara inti para rois mengadakan amalan bacaan tahlil yang dipimpin.oleh rois Pedukuhan Maguwo dengan  tujuan  untuk memohonkan ampunan kepada  para pendahulu tak terkecuali yang sudah dipanggil oleh Sang Khaliq semoga diberikan ampunan atas dosa dan kesalahan dan arwahnya ditempatkan tempat yang mulya sesuai dengan amal baktinya. Dan di alam kuburnya semoga diberikan nikmat kubur, dijauhkan dari siksa kubur dan diberikan keluasan di alam kuburnya dan di hari yaumul qiyamah di akui sebagai ummat Muhamm